August 19, 2022

JUAL DOMAINS

FREE GUEST POST BLOG

Lusinan situs web berita palsu dan akun media sosial mendorong poin pembicaraan pro-China

Sebuah perusahaan pemasaran China menjadi tuan rumah cincin setidaknya 72 situs berita palsu dalam 11 bahasa dengan persona media sosial palsu yang sesuai yang mendorong poin pembicaraan pemerintah China, menurut penelitian yang diterbitkan Kamis.

NBC News telah melihat situs berbahasa Inggris, yang mengaburkan kepemilikan dan penulisnya. Artikel-artikel mereka sering mengkritik AS dan Barat, dan tampaknya berusaha meredakan kekhawatiran di negara-negara tersebut, seperti China yang membatasi demokrasi di Hong Kong dan menempatkan warga etnis minoritas Uyghur ke dalam kamp-kamp penahanan.

Menurut Mandiant, perusahaan yang membuat laporan tersebut, situs-situs tersebut dihosting di infrastruktur internet milik perusahaan pemasaran China bernama Shanghai Haixun Technology.

Tidak jelas siapa yang akan mengorganisir kampanye tersebut, dan baik juru bicara kedutaan besar China di Washington maupun Shanghai Haixun Technology tidak menanggapi permintaan komentar. Menurut situs web Shanghai Haixun, perusahaan menawarkan klien di Tiongkok kesempatan untuk mempublikasikan poin pembicaraan mereka di situs berita dalam lebih dari 40 bahasa dan di lebih dari 140 negara, dan membanggakan bahwa kliennya tercakup dalam outlet berita berbahasa Inggris seperti Associated Press dan Reuters.

Laporan tersebut menambah daftar contoh operasi disinformasi yang dikaitkan dengan China, banyak di antaranya gagal mendapatkan banyak daya tarik. Dakota Cary, seorang analis China di Krebs-Stamos Group, sebuah perusahaan keamanan siber, mengatakan jaringan situs berita tampaknya merupakan upaya kikuk oleh kelompok pro-China untuk mempengaruhi percakapan Barat.

“Kampanye yang diamati oleh Mandiant adalah contoh lain bagaimana China tidak dapat mempengaruhi narasi budaya dengan akun yang tidak autentik dan dokumen palsu,” kata Cary.

Setidaknya dalam satu kasus, kampanye tersebut tampaknya telah memanfaatkan surat-surat palsu untuk mencoreng seorang antropolog, Adrian Zenz, yang telah menerbitkan penelitian signifikan tentang perlakuan China terhadap Uyghur.

See also  Masters: Tiger Woods kembali, dan ketertiban dipulihkan

Surat-surat itu tampaknya pertama kali muncul secara online pada bulan Desember, ketika foto-fotonya diposting oleh akun Twitter seseorang bernama Jonas Drosten. Akun itu telah ditangguhkan, meskipun Google memiliki versi cache dari akun yang masih terlihat.

Ketiga surat itu semuanya berkaitan dengan Victims of Communism Memorial Foundation, wadah pemikir Washington tempat Zenz bekerja. Yang pertama, konon dari meja Senator Marco Rubio, R-Fla., berterima kasih kepada Zenz dan tampaknya mengikatnya dengan mantan penasihat Trump Steve Bannon, yang disebut hanya sebagai “Bannon.” Dua lainnya tampaknya menjadi bukti yayasan membayar Zenz lebih dari setengah juta dolar untuk penelitiannya.

Juru bicara kantor Rubio dan yayasan mengkonfirmasi kepada NBC News bahwa surat-surat itu palsu. Namun, mereka diperlakukan sebagai otentik dalam beberapa artikel tentang Zenz di cincin berita Shanghai Haixun. China Daily, outlet berita berbahasa Inggris utama yang disponsori negara, juga menulis sebuah artikel yang memperlakukan mereka sebagai otentik pada bulan Mei. Baik China Daily maupun penulis artikel itu, Mark Pinkstone, tidak menanggapi permintaan komentar.

Penggunaan surat-surat pemerintah AS yang dipalsukan dan profil media sosial palsu menggemakan operasi informasi sebelumnya yang dikaitkan oleh perusahaan keamanan siber lain, Recorded Future, ke Rusia. Dalam kampanye itu, surat-surat palsu itu tampaknya dirancang untuk mengikis dukungan bagi NATO, aliansi militer pimpinan AS.

Zenz adalah target umum bagi pejabat China. Tahun lalu, kepala propaganda Partai Komunis China, Xu Guixiang, mengadakan konferensi pers yang didedikasikan untuk mencoba mendiskreditkannya.

Zenz mengatakan kepada NBC News bahwa meskipun dia terbiasa mendapat kritik dari Tiongkok atas karyanya, ini adalah upaya paling rumit hingga saat ini.

“Saya telah menjadi sasaran banyak kampanye kotor,” kata Zenz dalam panggilan telepon. “Yang ini tampaknya sedikit lebih canggih karena mencoba membangun argumen yang kredibel, dengan koneksi, bahkan menggunakan dokumen palsu, mencoba membangun narasi yang bisa dipercaya beberapa orang.”

See also  Pelanggan Amazon mengatakan balsem mata Tula seharga $30 ini menghilangkan lingkaran hitam dan bengkak di bawah mata